Langsung ke konten

Informasi

Persiapan Untuk Lomba Menembak

Buat Sobat Bedilers pastinya udah gak asing lagi sama kompetisi menembak menggunakan senapan angin. Di tanah air tercinta, banyak banget kompetisi menembak dengan berbagai kategori yang bisa kalian ikutin. Mulai nembak kertas target di jarak 20 – 41 meter, benchrest, nembak silhouette, sampai tri-pos atau nembak dengan tiga posisi. Kompetisi menembak gak pernah sepi peminat soalnya selain berhadiah, kompetisi juga bisa jadi ajang pembuktian buat Sobat Bedilers sebagai penembak jitu. Tapi, sebelum Sobat Bedilers ikut kompetisi menembak, tentunya Sobat Bedilers harus melakukan persiapan dong. Apa aja sih yang harus disiapin? Yuk cari tau di artikel ini!

PERSIAPAN LOMBA MENEMBAK SENAPAN ANGIN

  • Memilih Senapan Angin

Pertama-tama pilih senapan angin yang tepat sesuai dengan kategori perlombaan. Karena beberapa kategori perlombaan mewajibkan kalian pake tipe senapan angin tertentu dengan beragam syarat. Selain kategori perlombaan, kalian juga harus jeli memilih senapan angin. Contohnya di kategori benchrest shooting, Megah saranin kalian pake senapan angin yang berbobot berat. Kenapa? Soalnya benchrest shooting butuh senapan angin yang stabil buat nembak dengan akurat di posisi duduk. Senapan yang berat cenderung lebih stabil. Tapi kembali lagi, perhatiin persyaratan lomba, soalnya seringkali ada ketentuan bobot maksimal senapan angin. Jadi pastiin senapan angin yang kalian pilih sesuai ya! Buat dapetin macem-macem senapan angin terbaik, kalian bisa cek di sini.

Perlombaan Menembak Senapan Angin
  • Tunning Senapan Angin

Yang gak kalah penting setelah milih senapan angin yang pas, kalian juga harus tuning senapan sebelum bertanding. Apa aja yang perlu kalian setting?

  1. Power Setting 

    Sebelum kalian nyetting power senapan, pastiin kalian udah tau ketentuan power dari lomba yang kalian ikutin ya. Untuk nyetting power, salah satunya bisa dilakukan dengan mengganti per hammer dan valve. Cara nyetting per udah pernah Megah bahas di artikel Per Pada Senapan Angin. Nah kalau kalian mau nyetting dengan cara yang lebih mudah, enaknya sih kalian beli senapan yang emang bisa di-tuning, kaya FX Airguns. 

  2. Laras 

    Milih laras juga gabisa sembarangan ya Sobat Bedilers. Ada dua jenis laras yang bisa kalian pake yaitu Polygon dan juga Klasik perbedaan keduanya juga udah pernah Megah bahas di artikel ini. Kaya milih senapan angin, milih laras juga harus jeli. Misalnya buat kategori benchrest, Megah sih nyaranin Bedilers untuk pake laras khusus benchrest karena punya alur yang lebih konsisten kerapatannya dan polishingnya juga lebih baik. Jadi mimis bisa melaju lebih baik dibandingin kalo kalian pake laras biasa. 

  3. Peluru 

    Power udah, laras juga udah, apalagi ya? Tentu aja peluru atau mimis! Biasanya pada perlombaan nggak diatur masalah pemakaian mimis. Disini, kalian harus lebih jeli lagi milih mimis yang bisa mengantarkan kalian menjadi juara. Milih mimis emang cocok-cocokan, ada banyak faktor yang harus diperhatiin kayak senapan yang dipilih, power, laras yang dipake dan pemilihan bentuk maupun bobot mimis. Baca lebih lanjut di sini ya!  

  4. Trigger 

    Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah trigger senapan angin kalian. Karena untuk perlombaan kalian dituntut untuk cepat dan tangkas, jadi kalian butuh trigger yang sensitif, nyaman & tentunya konsisten. Lagi-lagi, paling gampang sih kalian pake senapan yang ada trigger adjustment nya, kaya FX Airgun, Brocock, Greyhound, atau Walther. Tapi kalau emang senapan kalian nggak ada trigger adjustment nya, kalian bisa coba ganti per pada trigger kalian. Tapi Megah wanti-wanti nih, jangan sampe pake per yang terlalu ringan, soalnya kalau terlalu ringan bisa-bisa kepencet dan terjadi tembakan yang nggak diinginkan. Hal lain yang mempengaruhi kenyamanan trigger adalah bentuk trigger. Kalau trigger bawaan kalian kurang nyaman, kalian bisa ganti trigger kalian atau bisa juga pakai trigger extension.   

  • Berlatih Skill dan Mental

Setelah persiapan senapan angin dan perlengkapan kalian lengkap, tentunya latihan skill dan mental nggak boleh ketinggalan. Kayak slogan “practice makes perfect” wajib hukumnya Sobat Bedilers terus berlatih ngasah skill nembak. Nggak cuma asal dor, kalian juga harus bisa baca situasi dan kondisi sekitar ketika menembak.

Terus, sejago apapun skill kalian, kalau mentalnya lemah, pas lomba bisa jadi hasil tembakan kalian jelek karena suasana lomba bikin kalian tegang. Saran Megah, lemesin aja bro! Yang penting udah berusaha maksimal, apapun hasilnya, dibawa asik aja! 

 

Itu tadi artikel tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum ikut lomba menembak senapan angin.

Buat informasi seputar dunia menembak lainnya, jangan lupa buat terus ikutin artikel Megah Sports, dan juga subscribe Youtube channel Megah Sports karena disana kalian bakal nemuin macam-macam produk review dan tips-tips senapan angin yang pastinya berguna banget!

Sobat Bedilers lagi nyari senapan angin terbaik?

Segera dapetin cuma di megah.co.id ya!

Prev post
Next post

Terima kasih sudah berlangganan

This email has been registered!

Shop the look

Choose Options

Close
Ubah Nama Produk
Close
Syarat & Ketentuan
Syarat & Ketentuan Untuk melakukan pemesanan dan pembelian di website, pengguna harus berusia lebih dari delapan belas (18) tahun. Jika Pengguna berusia di bawah delapan belas (18) tahun, Pengguna dapat melakukan pemesanan hanya dengan persetujuan orangtua atau wali Pengguna yang sah. Dengan membuat akun di website ini, Pengguna sudah menyetujui dan dapat membuktikan bahwa Pengguna telah mendapat persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah sebagai bukti jika dibutuhkan kemudian hari. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala kendala dan masalah yang ada di kemudian hari jika Pengguna tidak dapat membuktikan persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah saat mendaftarkan diri di Website ini. Persyaratan Penjualan 1. Pengguna wajib memberikan data diri secara lengkap dan sebenar-benarnya, serta bertanggung jawab penuh terhadap data diri yang digunakan saat bertransaksi di Website. 2. Pengguna wajib membaca, memahami, serta mengikuti prosedur pemesanan seperti yang tertera di page “Cara Pemesanan”. 3. Toko online kami beroperasi setiap hari Senin - Sabtu dari jam 09:30 s/d 18:00 wib. 4. Kami tidak dapat melakukan pengiriman di Hari Minggu / Hari Libur 5. Mohon cek dahulu ketersediaan barang/spesifikasi detail barang melalui Live Chat yang tersedia di website megah.co.id. 6. Harap konfirmasi stok / warna / ukuran yang anda inginkan terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapat barang yang sesuai dengan spesifikasi anda. 7. Jika tidak ada catatan maupun keterangan apapun pada order, maka kami akan kirimkan barang sesuai dengan inventory yang ada. 8. Untuk pembelian langsung (COD) bisa langsung datang ke toko fisik kami di Jl. Jendral Ahmad Yani No.142, Bandung. Kebijakan Pengembalian Produk Kepada pelanggan yang kami hormati, kami ingin menjelaskan mengenai kebijakan pengembalian produk di toko kami. Barang yang diterima tidak sesuai dengan yang anda pesan. Kami ucapkan maaf terlebih dahulu jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan anda. Mohon segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Anda tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim, karena seluruh biaya pengiriman penukaran (pengiriman dari anda ke toko kami + pengiriman kembali dari toko kami ke alamat anda) akan ditanggung oleh pihak kami. Barang / paket rusak selama proses pengiriman Kami akan berusaha untuk selalu mengemas barang pesanan anda dengan sebaik mungkin. Namun, kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman adalah di luar tanggung jawab kami. Jika paket (dan isinya) yang anda terima penyok, rusak, basah, dll maupun hilang selama di perjalanan, mohon memberikan keluhan kepada pihak ekspedisi ybs. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pengiriman menggunakan asuransi, terutama untuk produk bernilai tinggi. Jika terjadi barang rusak selama pengiriman, mohon untuk memberikan keluhan dan mengajukan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ybs. Permasalahan lainnya selama proses pengiriman Paket yang dikembalikan kepada kami oleh pihak ekspedisi dikarenakan saat pengantaran alamat anda tidak ditemukan / rumah kosong, tidak dapat mengajukan pengembalian dana. Barang tersebut hanya dapat dikirim ulang ke alamat yang benar (ongkos pengiriman ulang ditanggung pembeli). Paket mulus, namun barang yang diterima tidak berfungsi sebagaimana mestinya Demi kepuasan pelanggan, kami selalu melakukan QC (Quality Control) dan melakukan cek barang pesanan anda satu per satu. Namun, tidak dipungkiri mungkin ada barang yang terlewat untuk di cek dari ratusan barang yang kami kirim setiap harinya. Jika anda menerima paket dengan kondisi mulus (dus tidak penyok, basah, dll), namun produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami dengan senang hati akan menerima retur / pengembalian dengan syarat: Segera infokan dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah paket diterima. Mohon disertai foto produk yang mengalami gangguan dan video saat membuka paket mulai dari tampilan alamat dan fisik paket sebelum dibuka hingga isi barang tanpa putus. Kami akan bandingkan dengan barang-barang baru yang ada di kami dan jika memang produk tersebut tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka kita akan lanjutkan proses retur / pengembalian. Barang yang akan di retur harus dalam kondisi mulus dan belum dipakai (tidak ada baret, penyok, sobek, dll seperti bekas dipakai). Setelah barang retur kami terima dan kami periksa, kami akan segera mengirimkan barang pengganti. Catatan: Kami tidak dapat menerima penukaran barang maupun retur barang jika kondisi barang mulus & sesuai pesanan. Mohon pastikan anda memilih barang yang tepat dan memberi keterangan yang jelas untuk ukuran / warna yang anda inginkan. Harga & Pembayaran 1. Kami berusaha untuk memastikan harga selalu diperbaharui, namun jika terjadi kesalahan kami berhak membatalkan transaksi dan mengembalikan dana konsumen. 2. Jika deskripsi / spesifikasi produk tidak sesuai dengan barang yg diterima, maka segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Retur mungkin dilakukan jika barang masih mulus (tidak ada cacat dan kerusakan dari konsumen). 3. Kami tidak berkewajiban untuk memenuhi Pemesanan Pengguna jika harga yang tercantum di website ini tidak sesuai (Setelah Pemesanan Pengguna telah diakui atau diterima oleh kami). 4. Bukti pembayaran yang sah adalah yang tercantum di mutasi rekening kami. Kesalahan seperti saldo pembeli sudah terpotong tapi belum ada di mutasi rekening kami, silakan di cek ke pihak Bank terkait. 5. Kami dapat mengembalikan uang dan membatalkan transaksi jika ternyata produk tidak tersedia/habis. 6. Promo yang berlaku pada periode tertentu menjadi batal jika produk tidak tersedia/habis Sebagai contoh : Promo beli 10 gratis 1, ternyata stok hanya ada 8, maka promo tidak berlaku. atau contoh lain beli 5 dapet diskon 20%, dan stok hanya ada 4, maka diskon tidak berlaku walaupun 4 pcs tsb tetap dibeli konsumen. 7. Informasi yang diberikan pada website kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Kami memerlukan KTP anda / pembeli untuk pembelian produk-produk tertentu. Kami berhak untuk menahan pengiriman barang jika KTP belum anda berikan (walaupun transaksi sudah anda bayar). 9. Semua risiko atas produk berpindah ke pembeli setelah produk kami berikan ke pihak ekspedisi. Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang rusak atau hilang di perjalanan, jika barang rusak atau hilang, maka pembeli akan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak ekspedisi. Kami akan membantu pembeli dalam proses klaim kerusakan / kehilangan ke ekspedisi dengan prosedur sbb: Prosedur yang perlu dilakukan oleh konsumen saat menerima paket / kiriman barang Untuk kepentingan bersama, “MOHON REKAM VIDEO SAAT MEMBUKA PAKET MULAI DARI TAMPILAN ALAMAT DAN FISIK PAKET SEBELUM DIBUKA HINGGA ISI BARANG TANPA DIPUTUS” Rekaman ini akan menjadi bukti klaim apabila isi paket kurang / bukti ke ekspedisi bila paket rusak. 10. Kami selalu memastikan barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Kami (penjual) hanya membantu proses klaim dan yang mengganti kerugian adalah pihak EKSPEDISI. Tanpa rekaman video, maka kami TIDAK BISA BANTU KLAIM. Variasi Kami berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna dianggap telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pemesanan dilakukan. Ketika pengguna melakukan pemesanan di website kami, pengguna setuju bahwa pengguna melakukannya secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tunduk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat tanggal pemesanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, serta mentaati syarat dan ketentuan yang terbaru setiap kali pengguna memesan kepada kami.
this is just a warning
Masuk Close