Persiapan Untuk Lomba Menembak

Buat Sobat Bedilers pastinya udah gak asing lagi sama kompetisi menembak menggunakan senapan angin. Di tanah air tercinta, banyak banget kompetisi menembak dengan berbagai kategori yang bisa kalian ikutin. Mulai nembak kertas target di jarak 20 – 41 meter, benchrest, nembak silhouette, sampai tri-pos atau nembak dengan tiga posisi. Kompetisi menembak gak pernah sepi peminat soalnya selain berhadiah, kompetisi juga bisa jadi ajang pembuktian buat Sobat Bedilers sebagai penembak jitu. Tapi, sebelum Sobat Bedilers ikut kompetisi menembak, tentunya Sobat Bedilers harus melakukan persiapan dong. Apa aja sih yang harus disiapin? Yuk cari tau di artikel ini!

PERSIAPAN LOMBA MENEMBAK SENAPAN ANGIN

  • Memilih Senapan Angin

Pertama-tama pilih senapan angin yang tepat sesuai dengan kategori perlombaan. Karena beberapa kategori perlombaan mewajibkan kalian pake tipe senapan angin tertentu dengan beragam syarat. Selain kategori perlombaan, kalian juga harus jeli memilih senapan angin. Contohnya di kategori benchrest shooting, Megah saranin kalian pake senapan angin yang berbobot berat. Kenapa? Soalnya benchrest shooting butuh senapan angin yang stabil buat nembak dengan akurat di posisi duduk. Senapan yang berat cenderung lebih stabil. Tapi kembali lagi, perhatiin persyaratan lomba, soalnya seringkali ada ketentuan bobot maksimal senapan angin. Jadi pastiin senapan angin yang kalian pilih sesuai ya! Buat dapetin macem-macem senapan angin terbaik, kalian bisa cek di sini.

Perlombaan Menembak Senapan Angin
  • Tunning Senapan Angin

Yang gak kalah penting setelah milih senapan angin yang pas, kalian juga harus tuning senapan sebelum bertanding. Apa aja yang perlu kalian setting?

  1. Power Setting 

    Sebelum kalian nyetting power senapan, pastiin kalian udah tau ketentuan power dari lomba yang kalian ikutin ya. Untuk nyetting power, salah satunya bisa dilakukan dengan mengganti per hammer dan valve. Cara nyetting per udah pernah Megah bahas di artikel Per Pada Senapan Angin. Nah kalau kalian mau nyetting dengan cara yang lebih mudah, enaknya sih kalian beli senapan yang emang bisa di-tuning, kaya FX Airguns. 

  2. Laras 

    Milih laras juga gabisa sembarangan ya Sobat Bedilers. Ada dua jenis laras yang bisa kalian pake yaitu Polygon dan juga Klasik perbedaan keduanya juga udah pernah Megah bahas di artikel ini. Kaya milih senapan angin, milih laras juga harus jeli. Misalnya buat kategori benchrest, Megah sih nyaranin Bedilers untuk pake laras khusus benchrest karena punya alur yang lebih konsisten kerapatannya dan polishingnya juga lebih baik. Jadi mimis bisa melaju lebih baik dibandingin kalo kalian pake laras biasa. 

  3. Peluru 

    Power udah, laras juga udah, apalagi ya? Tentu aja peluru atau mimis! Biasanya pada perlombaan nggak diatur masalah pemakaian mimis. Disini, kalian harus lebih jeli lagi milih mimis yang bisa mengantarkan kalian menjadi juara. Milih mimis emang cocok-cocokan, ada banyak faktor yang harus diperhatiin kayak senapan yang dipilih, power, laras yang dipake dan pemilihan bentuk maupun bobot mimis. Baca lebih lanjut di sini ya!  

  4. Trigger 

    Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah trigger senapan angin kalian. Karena untuk perlombaan kalian dituntut untuk cepat dan tangkas, jadi kalian butuh trigger yang sensitif, nyaman & tentunya konsisten. Lagi-lagi, paling gampang sih kalian pake senapan yang ada trigger adjustment nya, kaya FX Airgun, Brocock, Greyhound, atau Walther. Tapi kalau emang senapan kalian nggak ada trigger adjustment nya, kalian bisa coba ganti per pada trigger kalian. Tapi Megah wanti-wanti nih, jangan sampe pake per yang terlalu ringan, soalnya kalau terlalu ringan bisa-bisa kepencet dan terjadi tembakan yang nggak diinginkan. Hal lain yang mempengaruhi kenyamanan trigger adalah bentuk trigger. Kalau trigger bawaan kalian kurang nyaman, kalian bisa ganti trigger kalian atau bisa juga pakai trigger extension.   

  • Berlatih Skill dan Mental

Setelah persiapan senapan angin dan perlengkapan kalian lengkap, tentunya latihan skill dan mental nggak boleh ketinggalan. Kayak slogan “practice makes perfect” wajib hukumnya Sobat Bedilers terus berlatih ngasah skill nembak. Nggak cuma asal dor, kalian juga harus bisa baca situasi dan kondisi sekitar ketika menembak.

Terus, sejago apapun skill kalian, kalau mentalnya lemah, pas lomba bisa jadi hasil tembakan kalian jelek karena suasana lomba bikin kalian tegang. Saran Megah, lemesin aja bro! Yang penting udah berusaha maksimal, apapun hasilnya, dibawa asik aja! 

 

Itu tadi artikel tentang persiapan yang harus dilakukan sebelum ikut lomba menembak senapan angin.

Buat informasi seputar dunia menembak lainnya, jangan lupa buat terus ikutin artikel Megah Sports, dan juga subscribe Youtube channel Megah Sports karena disana kalian bakal nemuin macam-macam produk review dan tips-tips senapan angin yang pastinya berguna banget!

Sobat Bedilers lagi nyari senapan angin terbaik?

Segera dapetin cuma di megah.co.id ya!

You have successfully subscribed!
This email has been registered