Per Pada Senapan Angin

Halo Sobat Bedilers! Di kesempatan kali ini, Tim Megah bakal ngejawab pertanyaan dari Sobat Bedilers tentang kegunaan per pada senapan angin. Untuk lebih jelasnya, yuk cek artikel dibawah ini!

MEKANISME HAMMER & VALVE

Per Pada Senapan Angin
foto diambil dari:
https://www.airgunmagazine.co.uk/features/hammer-time-slingshot-valve/

 

Senapan angin menggunakan mekanisme Valve (katup) dan Hammer (palu) dalam mengatur pengeluaran angin untuk mendorong mimis keluar dari laras. Apa sih Valve dan Hammer? Valve adalah katup yang bekerja sebagai “gerbang” pengatur pengeluaran angin dari tabung/kamar angin. Sementara Hammer bekerja sebagai palu yang mengetuk Valve agar terbuka.

Waktu trigger ditarik, per di dalam Hammer akan mendorong hammer untuk mengetuk valve agar terbuka. Ketika valve terbuka, angin bisa keluar untuk mendorong mimis. Setelah itu, waktunya per dalam valve untuk bekerja menutup kembali valve.

Nah pemilihan per pada Valve dan per pada Hammer, nggak semata-mata mencari per yang terkuat, tapi harus dicari yang seimbang. Semakin besar hentakan dari per dalam hammer, semakin lama valve terbuka, sehingga semakin banyak angin yang dikeluarkan. Alhasil, power tembakan semakin kuat, tapi angin lebih boros. Oleh karena itu diperlukan juga per pada valve yang mampu mengimbangi kekuatan per pada hammer, sehingga valve bisa segera menutup sesaat sebelum mimis meninggalkan laras. Pemilihan per yang optimal bisa menghasilkan power optimal, dan angin yang tidak boros.

TIPE-TIPE PER

  1. Per pada Hammer

Per hammer punya panjang yang berbeda. Biasanya per hammer punya ukuran 8 hingga 10 cm. Selain ukuran, per hammer juga punya tingkat kekerasan yang berbeda, dan tentunya dengan fungsi yang berbeda, seperti berikut:

  • Per lembut: power kecil, lebih irit angin
  • Per sedang: power sedang
  • Per keras: power maksimal, lebih boros angin, hentakan unit lebih terasa
Per Hammer Senapan Angin
.
.

     2.  Per pada Valve

Sama halnya dengan per hammer, per valve juga punyai beragam ukuran yang menyesuaikan dengan chamber. Umumnya, per valve biasanya berukuran antara 3,5 - 6 cm dan dengan diameter kisaran 8 - 10 mm. Valve juga punya tingkat kekerasan berbeda untuk beragam fungsi:

  • Per lembut: power maksimal, lebih boros angin
  • Per sedang: power sedang
  • Per keras: power kecil, lebih irit angin
Per Valve Senapan Angin
.
.

Lho kok hasilnya terbalik antara per hammer dan per valve? Soalnya kan fungsinya memang berkebalikan. Contohnya nih, kalau per hammer kuat, berarti dia bakal mengetuk valve dengan kekuatan maksimal, jadi valve terbuka lama, alhasil angin yang keluar banyak kan? Nah sebaliknya, kalau per valve kuat, ketika per hammer mendorong valve, valvenya nggak bisa kebuka lama, soalnya tertahan oleh daya pegas per valve yang kuat, alhasil angin yang keluar sedikit dan power mimis jadi rendah. Jadi balik lagi, harus dicari setelan yang paling pas antara per hammer dan per valve.

TIPS MENGGANTI PER SENAPAN ANGIN

Selain mencari setelah per hamer dan per valve yang seimbang, tentunya Sobat Bedilers juga wajib menyesuaikannya dengan kapasitas dari senapan angin kalian. Kita ibaratkan begini, misalnya kapasitas senapan angin kalian tinggi, tapi kalian pengen pakai per yang lembut supaya hentakannya tidak terlalu terasa. Kombinasi yang seperti ini tentunya tidak efektif, karena tekanan angin pada botol/kamar angin tinggi, sementara kekuatan per untuk membuka valve terlalu kecil dibandingkan tekanan angin, sehingga hasilnya angin tidak keluar dengan efektif.

 

Narto Megah Sports
.
.

Nah, karena pencarian per ini nggak mudah, biar nggak tambah susah, Tim Megah nyaranin kalian untuk pilih per yang kualitasnya terjamin, misalnya per Misumi. Per yang berkualitas mempunyai daya pegas yang konstan sehingga hasilnya lebih maksimal.

Kesimpulannya, pemilihan per hammer dan valve tidak punya hitungan pasti. Lo perlu cari dan coba beberapa varian per sampai mendapatkan kombinasi yang pas sesuai dengan unit kesayangan. Nah, kalo lo mau nyari per yang terjamin kualitas, jangan lupa cari di Megah Sports ya!

Buat informasi seputar dunia menembak, jangan lupa untuk terus ikutin artikel terbaru dari Tim Megah!

Sobat Bedilers lagi nyari senapan angin terbaik?

Jangan lupa cek di megah.co.id

You have successfully subscribed!
This email has been registered