Langsung ke konten

Informasi

Tak Kenal Maka Tak Sayang: Sudahkah Kamu Mengenali Senapan Angin-mu Sendiri?

Peribahasa tak kenal maka tak sayang ini cocok banget buat para Bedilers sejati. Karena, sebelum jadi Bedilers sejati, kalian tentunya harus paham selak beluk senapan angin kalian. Nah buat kalian para pemula yang baru terjun ke dunia senapan angin, yuk kenali nama-nama bagian di senapan angin biar makin sayang. Scroll sekarang juga!

Apa itu senapan angin?

Oke, sebelum lanjut ygy gak afdol kalo kita gak bahas dulu apa itu senapan angin. Jadi senapan angin ini adalah senapan atau senjata yang menggunakan mekanisme angin buat nembakin peluru. Berbeda sama senapan api, senapan angin lebih mudah di dapatkan dan digunakan untuk beragam tujuan seperti berburu hama dan menembak target. Ada 3 jenis senapan angin, yang kalian bisa lanjut baca di link berikut --> Jenis Senapan Angin

Lanjut..

Nah kita masuk ke bagian terpenting dalam pembahasan kali ini. Setelah kalian tau apa itu senapan angin, mari kita kenali bagian-bagian senapan angin ini biar makin akrab~

  • Popor & Grip

Popor atau stock atau buttstock punya fungsi menahan atau menjadi wadah buat laras dan mekanisme senapan angin lainnya. Fungsi popor ini nggak cuma sebagai wadah lho Sob! Ternyata dia juga berfungsi untuk menambah titik kontak antara senapan dengan tubuh kita, jadi bidikan kita bisa lebih stabil.

Lalu grip berfungsi sebagai pegangan kalian pada senapan. Di unit classic dan bullpup gripnya sudah menyatu dengan popor jadi gabisa kalian ubah-ubah. Beda halnya dengan tactical, gripnya umumnya terpisah dan bisa kalian ubah bentuk dan modelnya dengan mudah

Bentuk popor dan grip berpengaruh banget akan kenyamanan kalian ketika ngebidik. Materialnya juga beragam, misalnya kayu,  kayu laminate, atau plastic synthetic.

  • Chamber

Mari kita masuk ke mekanisme utama dari senapan angin yaitu chamber. Chamber ini posisinya ada di tengah-tengah dan berfungsi sebagai “rumah” buat mesin senapan angin seperti per hammer dan valve. Chamber ini fungsinya krusial guys, ibarat jantung, senapan angin gak bakal bisa nembak tanpa chamber! Kalian wajib banget tau apa aja yang ada di dalem chamber beserta fungsi masing-masing partnya, jadi kalau suatu saat ada kerusakan atau ingin meningkatkan performa, kalian tau apa aja yang mesti diganti.

  • Laras

Maju kedepan, kita punya laras a.k.a barrel. Laras ini fungsinya sebagai landasan mimis melaju menuju target. Laras punya alur di dalemnya yang fungsinya buat nge-gigit mimis biar stabil dan melaju akurat. Laras biasanya terbuat dari bahan metal dan punya dua alur di dalamnya ada 6 dan 12, dan punya dua model yaitu classic dan polygon. Kami sudah pernah bahas laras, yuk cek di link berikut.

  • Rail

Rail ini posisinya ada di atas senapan yang bertugas sebagai tempat buat kalian nyimpen aksesoris atau alat bidik optik. Beberapa senapan ngasih extra rail di bagian bawah, jadi kalian bisa pasang aksesoris juga di bawah, misalnya bipod. Rail ini ada dua jenis, ada picatinny dan juga dovetail untuk perbedaanya bisa lihat di gambar ini

Picatinny punya bentuk yang bergerigi, sedangkan dovetail punya bentuk yang memanjang dengan satu bagian di tengah buat ngejepit alat bidik optiknya.

  • Trigger

Loncat ke bagian bawah ada trigger yang bertugas buat memicu dan memberikan instruksi senapan melontarkan mimis. Trigger juga punya beragam bentuk dari yang untuk berburu sampai nembak target kompetisi. Gak cuma itu aja Sob, beberapa senapan angin ada yang memberikan keleluasaan bagi kita mengatur sensitifitas trigger lho!

  • Cocking lever

Cocking lever fungsinya adalah buat mendorong mimis ke dalam laras agar siap di posisi untuk ditembakan.

  • Tabung angin

Beda sama senapan uklik, senapan PCP punya tabung angin, yang fungsinya adalah sebagai tabung penyimpanan angin. Tabung angina ada 2 bentuk yaitu berupa botol atau silinder. Dengan menyimpan agin pada tabung angin, kalian jadi nggak perlu mompa tiap kali mau nembak seperti pada senapan uklik

  • Regulator

Regulator fungsinya mengukur dan menstabilkan jumlah angin yang dikeluarkan dalam setiap tembakan. Tujuannya adalah supaya tembakan kalian lebih stabil.

  • Drat / Muzzle

Pada beberapa senapan angin, bagian ujung depannya sudah dilengkapi drat buat pasang peredam ygy. Pada umumnya ada dua ukuran drat yang bisa kalian gunakan, yaitu drat dengan ukuran inchi dan mili. Bedanya inchi digunakan untuk peredam import dan mili untuk lokal.

Udah beres?

Oo ini masi baru bagian-bagian besarnya ygy, masih ada lagi part-part kecil seperti isi dari chamber apa aja dan lain sebagainya yang bakalan seru banget buat dibahas sm para Bedilers yang pastinya pada demen ngoprek nih!

Kenapa wajib tau bagian-bagian senapan angin?

Ya tentunya supaya kalian paham gimana perawatan terbaik untuk senapan, bagaimana cara ningkatin performa senapan, dan lain sebagainya.

Okedeh..

Udah ada bayangan kan apa aja bagian-bagian di senapan angin? Jangan lupa untuk terus berlatih dan belajar lagi supaya jadi Bedilers Sejati!

Itu tadi artikel dari Megah Sports yang ngebahas tentang bagian-bagian dari senapan angin. Nantikan artikel senapan angin berikutnya dari Megah Sports ya, dan jangan lupa juga buat subscribe channel YouTube Megah Sports di link berikut buat dapetin konten video menarik seputar senapan angin, cus subscribe!

Dan jangan lupa buat follow sosmed Megah Sports di link berikut supaya kita bisa diskusi di comment atau di DM!

Kalian bingung cari senapan anging import berkualitas? Gak usah kebingungan gitu deh, dari pemula sampai profesional cari senapan angin ya di megah.co.id!

 

Prev post
Next post

Terima kasih sudah berlangganan

This email has been registered!

Shop the look

Choose Options

Close
Ubah Nama Produk
Close
Syarat & Ketentuan
Syarat & Ketentuan Untuk melakukan pemesanan dan pembelian di website, pengguna harus berusia lebih dari delapan belas (18) tahun. Jika Pengguna berusia di bawah delapan belas (18) tahun, Pengguna dapat melakukan pemesanan hanya dengan persetujuan orangtua atau wali Pengguna yang sah. Dengan membuat akun di website ini, Pengguna sudah menyetujui dan dapat membuktikan bahwa Pengguna telah mendapat persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah sebagai bukti jika dibutuhkan kemudian hari. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala kendala dan masalah yang ada di kemudian hari jika Pengguna tidak dapat membuktikan persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah saat mendaftarkan diri di Website ini. Persyaratan Penjualan 1. Pengguna wajib memberikan data diri secara lengkap dan sebenar-benarnya, serta bertanggung jawab penuh terhadap data diri yang digunakan saat bertransaksi di Website. 2. Pengguna wajib membaca, memahami, serta mengikuti prosedur pemesanan seperti yang tertera di page “Cara Pemesanan”. 3. Toko online kami beroperasi setiap hari Senin - Sabtu dari jam 09:30 s/d 18:00 wib. 4. Kami tidak dapat melakukan pengiriman di Hari Minggu / Hari Libur 5. Mohon cek dahulu ketersediaan barang/spesifikasi detail barang melalui Live Chat yang tersedia di website megah.co.id. 6. Harap konfirmasi stok / warna / ukuran yang anda inginkan terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapat barang yang sesuai dengan spesifikasi anda. 7. Jika tidak ada catatan maupun keterangan apapun pada order, maka kami akan kirimkan barang sesuai dengan inventory yang ada. 8. Untuk pembelian langsung (COD) bisa langsung datang ke toko fisik kami di Jl. Jendral Ahmad Yani No.142, Bandung. Kebijakan Pengembalian Produk Kepada pelanggan yang kami hormati, kami ingin menjelaskan mengenai kebijakan pengembalian produk di toko kami. Barang yang diterima tidak sesuai dengan yang anda pesan. Kami ucapkan maaf terlebih dahulu jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan anda. Mohon segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Anda tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim, karena seluruh biaya pengiriman penukaran (pengiriman dari anda ke toko kami + pengiriman kembali dari toko kami ke alamat anda) akan ditanggung oleh pihak kami. Barang / paket rusak selama proses pengiriman Kami akan berusaha untuk selalu mengemas barang pesanan anda dengan sebaik mungkin. Namun, kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman adalah di luar tanggung jawab kami. Jika paket (dan isinya) yang anda terima penyok, rusak, basah, dll maupun hilang selama di perjalanan, mohon memberikan keluhan kepada pihak ekspedisi ybs. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pengiriman menggunakan asuransi, terutama untuk produk bernilai tinggi. Jika terjadi barang rusak selama pengiriman, mohon untuk memberikan keluhan dan mengajukan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ybs. Permasalahan lainnya selama proses pengiriman Paket yang dikembalikan kepada kami oleh pihak ekspedisi dikarenakan saat pengantaran alamat anda tidak ditemukan / rumah kosong, tidak dapat mengajukan pengembalian dana. Barang tersebut hanya dapat dikirim ulang ke alamat yang benar (ongkos pengiriman ulang ditanggung pembeli). Paket mulus, namun barang yang diterima tidak berfungsi sebagaimana mestinya Demi kepuasan pelanggan, kami selalu melakukan QC (Quality Control) dan melakukan cek barang pesanan anda satu per satu. Namun, tidak dipungkiri mungkin ada barang yang terlewat untuk di cek dari ratusan barang yang kami kirim setiap harinya. Jika anda menerima paket dengan kondisi mulus (dus tidak penyok, basah, dll), namun produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami dengan senang hati akan menerima retur / pengembalian dengan syarat: Segera infokan dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah paket diterima. Mohon disertai foto produk yang mengalami gangguan dan video saat membuka paket mulai dari tampilan alamat dan fisik paket sebelum dibuka hingga isi barang tanpa putus. Kami akan bandingkan dengan barang-barang baru yang ada di kami dan jika memang produk tersebut tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka kita akan lanjutkan proses retur / pengembalian. Barang yang akan di retur harus dalam kondisi mulus dan belum dipakai (tidak ada baret, penyok, sobek, dll seperti bekas dipakai). Setelah barang retur kami terima dan kami periksa, kami akan segera mengirimkan barang pengganti. Catatan: Kami tidak dapat menerima penukaran barang maupun retur barang jika kondisi barang mulus & sesuai pesanan. Mohon pastikan anda memilih barang yang tepat dan memberi keterangan yang jelas untuk ukuran / warna yang anda inginkan. Harga & Pembayaran 1. Kami berusaha untuk memastikan harga selalu diperbaharui, namun jika terjadi kesalahan kami berhak membatalkan transaksi dan mengembalikan dana konsumen. 2. Jika deskripsi / spesifikasi produk tidak sesuai dengan barang yg diterima, maka segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Retur mungkin dilakukan jika barang masih mulus (tidak ada cacat dan kerusakan dari konsumen). 3. Kami tidak berkewajiban untuk memenuhi Pemesanan Pengguna jika harga yang tercantum di website ini tidak sesuai (Setelah Pemesanan Pengguna telah diakui atau diterima oleh kami). 4. Bukti pembayaran yang sah adalah yang tercantum di mutasi rekening kami. Kesalahan seperti saldo pembeli sudah terpotong tapi belum ada di mutasi rekening kami, silakan di cek ke pihak Bank terkait. 5. Kami dapat mengembalikan uang dan membatalkan transaksi jika ternyata produk tidak tersedia/habis. 6. Promo yang berlaku pada periode tertentu menjadi batal jika produk tidak tersedia/habis Sebagai contoh : Promo beli 10 gratis 1, ternyata stok hanya ada 8, maka promo tidak berlaku. atau contoh lain beli 5 dapet diskon 20%, dan stok hanya ada 4, maka diskon tidak berlaku walaupun 4 pcs tsb tetap dibeli konsumen. 7. Informasi yang diberikan pada website kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Kami memerlukan KTP anda / pembeli untuk pembelian produk-produk tertentu. Kami berhak untuk menahan pengiriman barang jika KTP belum anda berikan (walaupun transaksi sudah anda bayar). 9. Semua risiko atas produk berpindah ke pembeli setelah produk kami berikan ke pihak ekspedisi. Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang rusak atau hilang di perjalanan, jika barang rusak atau hilang, maka pembeli akan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak ekspedisi. Kami akan membantu pembeli dalam proses klaim kerusakan / kehilangan ke ekspedisi dengan prosedur sbb: Prosedur yang perlu dilakukan oleh konsumen saat menerima paket / kiriman barang Untuk kepentingan bersama, “MOHON REKAM VIDEO SAAT MEMBUKA PAKET MULAI DARI TAMPILAN ALAMAT DAN FISIK PAKET SEBELUM DIBUKA HINGGA ISI BARANG TANPA DIPUTUS” Rekaman ini akan menjadi bukti klaim apabila isi paket kurang / bukti ke ekspedisi bila paket rusak. 10. Kami selalu memastikan barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Kami (penjual) hanya membantu proses klaim dan yang mengganti kerugian adalah pihak EKSPEDISI. Tanpa rekaman video, maka kami TIDAK BISA BANTU KLAIM. Variasi Kami berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna dianggap telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pemesanan dilakukan. Ketika pengguna melakukan pemesanan di website kami, pengguna setuju bahwa pengguna melakukannya secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tunduk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat tanggal pemesanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, serta mentaati syarat dan ketentuan yang terbaru setiap kali pengguna memesan kepada kami.
this is just a warning
Masuk Close