Langsung ke konten

WhatsApp: 0896-5900-3800

Selalu ada yang baru di Megah Sports!

Keranjang
0 item

Informasi

Lakukan 10 Tips Menembak Aman Ini saat #NgebidikAsik

Lakukan 10 Tips Menembak Aman Ini saat #NgebidikAsik

Bagi sebagian orang awam yang tidak tahu menahu tentang dunia senapan angin, barang satu ini mungkin dianggap sebagai hal yang berbahaya dan menakutkan. Membayangkan peluru yang ditembakkan akan menyebabkan masalah serius jika sampai “nyasar”.

Apakah Senapan Angin Berbahaya?

Pertanyaan ini termasuk yang paling banyak ditelusuri oleh netizen. Karena jika dilihat sekilas secara bentuk, senapan angin memang mirip dengan senjata api. Yang membedakan adalah besar kaliber, dan bahan bakar utama yang digunakan untuk melontarkan proyektil nya. Selain itu, bentuk peluru senapan angin juga jauh lebih kecil dan tidak setajam peluru senapan api.

Meski begitu, alat ini tetap bisa menimbulkan bahaya JIKA TIDAK DIGUNAKAN DENGAN TEPAT. Karena itu, penting untuk mengetahui aturan-aturan dalam penggunaan senapan angin sebelum kalian mulai menembak, atau membeli unit ini. Berikut 10 tips nembak aman saat #NgebidikAsik menggunakan senapan angin:

1. Pastikan Senapan Tidak dalam Keadaan Load

Hal pertama yang harus diperhatikan saat akan menggunakan senapan adalah memastikan kalau unit dalam keadaan unload alias kosong. Begitu pula jika kalian sudah selesai menembak, atau akan pergi ke titip tembak lain. Jangan membawa-bawa senapan yang terisi mimis karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

2. Jangan Mengarahkan Senapan pada Objek Selain Target

Peraturan kedua dalam senapan angin adalah, jangan pernah–meskipun cuma iseng atau pura-pura–mengarahkan senapan ke objek apa pun selain target bidikan. Ini untuk menghindari kecelakaan seperti tidak sengaja menembak saat senapan mengarah ke objek non-target.

3. Lepaskan Jari dari Trigger setelah Menembak

Setelah melepaskan tembakan ke objek buruan atau ke kertas target, segera lah melepaskan jari dari trigger atau pelatuk. Baik permainan/perburuan masih berlangsung/sudah berhenti, segera jauhkan jari dari area sekitar trigger. Hal ini untuk menghindari kemungkinan menarik pelatuk secara tak sadar atau tidak sengaja. Karena, bisa saja jari-jari kalian sedang licin, atau fokus kalian sedang teralihkan sehingga secara tidak sengaja melepaskan tembakan sebelum waktunya.

4. Pastikan Tidak Ada Apa/Siapa Pun di Sekitar Target

Baik saat melakukan olahraga tembak target atau saat berburu, pastikan area sekitar target bidikan sudah clear. Misalnya, jika kalian akan membidik babi hutan/liar, lihat beberapa meter di sekitar objek. Perkirakan kemana mimis kalian akan berlabuh jika seandainya tembakan kalian meleset dari target.

5. Gunakan Senapan dengan Bijak

Bagaimana pun, senapan angin tetaplah sebuah senapan. Jika tidak digunakan dengan benar, benda ini bisa menyebabkan cedera dan jika seseorang tertembak di bagian tertentu (seperti kepala dan jantung) bisa saja menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, pergunakan senapan angin kalian dengan bijak. Jika kalian melihat penembak yang semena-mena dan tidak mementingkan keamanan sekitar, segera laporkan pada petugas yang berjaga di sekitar tempat buru, atau pada polisi setempat. Selebihnya, senapan angin benar-benar aman selagi digunakan dengan benar.

6. Pastikan Safety Benar-benar Terpasang

Senapan angin dilengkapi dengan fitur safety. Beberapa memiliki safety manual, dan sebagian lainnya sudah otomatis. Biasanya senapan dengan safety otomatis mempunyai range harga yang lebih mahal dari senapan dengan safety manual. Hal ini membuktikan seberapa pentingnya safety pada senapan angin. Jika sudah selesai menembak, pastikan dengan hati-hati dan seksama, apakah safety senapan kalian sudah terpasang atau terkunci dengan benar. Jika tidak, ada kemungkinan mimis terlontar secara tidak sengaja, dan dapat mengenai apa pun/siapa pun di sekitar, termasuk diri kalian sendiri.

7. Selalu Waspada dengan Situasi Sekitar

Saat berburu, terutama di tempat yang tidak familiar untuk kalian, selalu perhatikan lingkungan sekitar. Apakah dataran yang ditapaki berbatu, atau berlumpur, dan situasi lainnya yang mungkin bisa membuat kalian tersandung saat memegang unit. Selain itu, gunakan pakaian hunting yang bisa berkamuflase dengan lingkungan sekitar, namun tetap terlihat oleh Bedilers yang lain. Salah satunya dengan menggunakan aksesoris berwarna terang (misal: orange) seperti topi atau rompi.

8. Bukan Cuma Unit, Botol Angin juga Perlu Dijaga

Bukan cuma unit senapan yang perlu kalian jaga, botol angin pun perlu diperhatikan penyimpanan dan penggunaanya. Cara yang bisa kalian coba untuk melindungi dan merawat botol angin kalian adalah dengan memastikan pengisian angin sesuai kapasitas (tidak overload). Cara lain yang bisa dilakukan yakni dengan memasangkan silikon pelindung botol agar terhindar dari benturan dan goresan

9. Simpan Unit di Tempat yang Aman

Saat sedang tidak digunakan, senapan angin harus disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu, saat membawa unit kemana pun, seperti saat akan pergi berburu atau tembak target, selalu gunakan tas senapan atau hardcase yang proper.

10. Menjaga sesama Bedilers Saat Hunting

Sebagai sesama penggemar olahraga berburu & tembak target, sudah semestinya Bedilers harus saling menjaga dan menghormati. Saat berburu di taman buru atau tempat legal lainnya, pastikan untuk selalu menjaga keselamatan satu sama lain. Baik saling mengenal atau pun tidak.

Itu dia 10 tips yang bisa Bedilers lakukan untuk menjaga keamanan saat menggunakan senapan angin. Semua hobby tentunya menyenangkan untuk dilakukan, namun keselamatan tetap no. 1 ya, Bedilers! Salam satu laras!

Terima kasih sudah berlangganan

Rubah opsi
Back In Stock Notification
Syarat & Ketentuan
Syarat & Ketentuan Untuk melakukan pemesanan dan pembelian di website, pengguna harus berusia lebih dari delapan belas (18) tahun. Jika Pengguna berusia di bawah delapan belas (18) tahun, Pengguna dapat melakukan pemesanan hanya dengan persetujuan orangtua atau wali Pengguna yang sah. Dengan membuat akun di website ini, Pengguna sudah menyetujui dan dapat membuktikan bahwa Pengguna telah mendapat persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah sebagai bukti jika dibutuhkan kemudian hari. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala kendala dan masalah yang ada di kemudian hari jika Pengguna tidak dapat membuktikan persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah saat mendaftarkan diri di Website ini. Persyaratan Penjualan 1. Pengguna wajib memberikan data diri secara lengkap dan sebenar-benarnya, serta bertanggung jawab penuh terhadap data diri yang digunakan saat bertransaksi di Website. 2. Pengguna wajib membaca, memahami, serta mengikuti prosedur pemesanan seperti yang tertera di page “Cara Pemesanan”. 3. Toko online kami beroperasi setiap hari Senin - Sabtu dari jam 09:30 s/d 18:00 wib. 4. Kami tidak dapat melakukan pengiriman di Hari Minggu / Hari Libur 5. Mohon cek dahulu ketersediaan barang/spesifikasi detail barang melalui Live Chat yang tersedia di website megah.co.id. 6. Harap konfirmasi stok / warna / ukuran yang anda inginkan terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapat barang yang sesuai dengan spesifikasi anda. 7. Jika tidak ada catatan maupun keterangan apapun pada order, maka kami akan kirimkan barang sesuai dengan inventory yang ada. 8. Untuk pembelian langsung (COD) bisa langsung datang ke toko fisik kami di Jl. Jendral Ahmad Yani No.142, Bandung. Kebijakan Pengembalian Produk Kepada pelanggan yang kami hormati, kami ingin menjelaskan mengenai kebijakan pengembalian produk di toko kami. Barang yang diterima tidak sesuai dengan yang anda pesan. Kami ucapkan maaf terlebih dahulu jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan anda. Mohon segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0898-2700-700. Anda tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim, karena seluruh biaya pengiriman penukaran (pengiriman dari anda ke toko kami + pengiriman kembali dari toko kami ke alamat anda) akan ditanggung oleh pihak kami. Barang / paket rusak selama proses pengiriman Kami akan berusaha untuk selalu mengemas barang pesanan anda dengan sebaik mungkin. Namun, kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman adalah di luar tanggung jawab kami. Jika paket (dan isinya) yang anda terima penyok, rusak, basah, dll maupun hilang selama di perjalanan, mohon memberikan keluhan kepada pihak ekspedisi ybs. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pengiriman menggunakan asuransi, terutama untuk produk bernilai tinggi. Jika terjadi barang rusak selama pengiriman, mohon untuk memberikan keluhan dan mengajukan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ybs. Permasalahan lainnya selama proses pengiriman Paket yang dikembalikan kepada kami oleh pihak ekspedisi dikarenakan saat pengantaran alamat anda tidak ditemukan / rumah kosong, tidak dapat mengajukan pengembalian dana. Barang tersebut hanya dapat dikirim ulang ke alamat yang benar (ongkos pengiriman ulang ditanggung pembeli). Paket mulus, namun barang yang diterima tidak berfungsi sebagaimana mestinya Demi kepuasan pelanggan, kami selalu melakukan QC (Quality Control) dan melakukan cek barang pesanan anda satu per satu. Namun, tidak dipungkiri mungkin ada barang yang terlewat untuk di cek dari ratusan barang yang kami kirim setiap harinya. Jika anda menerima paket dengan kondisi mulus (dus tidak penyok, basah, dll), namun produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami dengan senang hati akan menerima retur / pengembalian dengan syarat: Segera infokan dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah paket diterima. Mohon disertai foto produk yang mengalami gangguan dan video saat membuka paket mulai dari tampilan alamat dan fisik paket sebelum dibuka hingga isi barang tanpa putus. Kami akan bandingkan dengan barang-barang baru yang ada di kami dan jika memang produk tersebut tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka kita akan lanjutkan proses retur / pengembalian. Barang yang akan di retur harus dalam kondisi mulus dan belum dipakai (tidak ada baret, penyok, sobek, dll seperti bekas dipakai). Setelah barang retur kami terima dan kami periksa, kami akan segera mengirimkan barang pengganti. Catatan: Kami tidak dapat menerima penukaran barang maupun retur barang jika kondisi barang mulus & sesuai pesanan. Mohon pastikan anda memilih barang yang tepat dan memberi keterangan yang jelas untuk ukuran / warna yang anda inginkan. Harga & Pembayaran 1. Kami berusaha untuk memastikan harga selalu diperbaharui, namun jika terjadi kesalahan kami berhak membatalkan transaksi dan mengembalikan dana konsumen. 2. Jika deskripsi / spesifikasi produk tidak sesuai dengan barang yg diterima, maka segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Retur mungkin dilakukan jika barang masih mulus (tidak ada cacat dan kerusakan dari konsumen). 3. Kami tidak berkewajiban untuk memenuhi Pemesanan Pengguna jika harga yang tercantum di website ini tidak sesuai (Setelah Pemesanan Pengguna telah diakui atau diterima oleh kami). 4. Bukti pembayaran yang sah adalah yang tercantum di mutasi rekening kami. Kesalahan seperti saldo pembeli sudah terpotong tapi belum ada di mutasi rekening kami, silakan di cek ke pihak Bank terkait. 5. Kami dapat mengembalikan uang dan membatalkan transaksi jika ternyata produk tidak tersedia/habis. 6. Promo yang berlaku pada periode tertentu menjadi batal jika produk tidak tersedia/habis Sebagai contoh : Promo beli 10 gratis 1, ternyata stok hanya ada 8, maka promo tidak berlaku. atau contoh lain beli 5 dapet diskon 20%, dan stok hanya ada 4, maka diskon tidak berlaku walaupun 4 pcs tsb tetap dibeli konsumen. 7. Informasi yang diberikan pada website kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Kami memerlukan KTP anda / pembeli untuk pembelian produk-produk tertentu. Kami berhak untuk menahan pengiriman barang jika KTP belum anda berikan (walaupun transaksi sudah anda bayar). 9. Semua risiko atas produk berpindah ke pembeli setelah produk kami berikan ke pihak ekspedisi. Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang rusak atau hilang di perjalanan, jika barang rusak atau hilang, maka pembeli akan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak ekspedisi. Kami akan membantu pembeli dalam proses klaim kerusakan / kehilangan ke ekspedisi dengan prosedur sbb: Prosedur yang perlu dilakukan oleh konsumen saat menerima paket / kiriman barang Untuk kepentingan bersama, “MOHON REKAM VIDEO SAAT MEMBUKA PAKET MULAI DARI TAMPILAN ALAMAT DAN FISIK PAKET SEBELUM DIBUKA HINGGA ISI BARANG TANPA DIPUTUS” Rekaman ini akan menjadi bukti klaim apabila isi paket kurang / bukti ke ekspedisi bila paket rusak. 10. Kami selalu memastikan barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Kami (penjual) hanya membantu proses klaim dan yang mengganti kerugian adalah pihak EKSPEDISI. Tanpa rekaman video, maka kami TIDAK BISA BANTU KLAIM. Variasi Kami berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna dianggap telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pemesanan dilakukan. Ketika pengguna melakukan pemesanan di website kami, pengguna setuju bahwa pengguna melakukannya secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tunduk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat tanggal pemesanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, serta mentaati syarat dan ketentuan yang terbaru setiap kali pengguna memesan kepada kami.

this is just a warning
Masuk