Cara Memilih Ketinggian Mounting Yang Sesuai Untuk Anda

Banyak penembak di Indonesia pernah mendengar atau menerima saran bahwa, "Jika memilih mounting, selalu cari mounting yang paling pendek".

Jika pertanyaan tersebut itu benar, apakah mounting+peninggi yang digunakan di senapan ini salah?

Sebetulnya, hal utama yang harus anda pertimbangkan saat memilih mounting adalah posisi natural anda saat menembak.

Apakah itu yang dimaksud dengan posisi natural?

Setiap orang memiliki posisi menembaknya masing-masing (yang tergantung dari posisi peletakan pipi, panjang tangan, dll.). Untuk menemukan posisi natural anda, pejamkan mata anda, lalu angkat senapan se nyaman mungkin seperti ketika anda mau menembak.

Ketika anda membuka mata, apakah pandangan riflescope anda penuh dan jelas terlihat (seperti gambar tengah)? Atau pandangan anda melalui riflescope terpotong seperti gambar kiri atau kanan?

Jika anda telah mendapatkan pandangan yang penuh seperti gambar yang di tengah, maka selamat! Anda telah memilih ketinggian mounting yang sesuai untuk anda.

Jika pandangan anda tidak penuh seperti gambar kiri atau kanan maka perhatikan, jika bagian hitamnya besar di bagian atas, berarti mounting anda terlalu tinggi. Sebaliknya, jika bagian hitam nya besar di bagian bawah, berarti mounting anda terlalu rendah.

Perlu diperhatikan bahwa posisi natural itu bukan hanya berbeda untuk setiap orang, juga berbeda untuk setiap posisi menembak. Jika anda menggunakan senapan untuk berburu atau menembak dengan posisi berdiri, maka tes posisi natural anda saat posisi berdiri.

Jika anda lebih sering menembak benchrest (menggunakan meja), maka tes posisi natural anda saat menembak posisi duduk.

Jika anda lebih sering menembak prone (tiarap), maka tes posisi natural anda saat menembak posisi tiarap.

Memang betul bahwa jika kita menggunakan mounting tinggi, dikhawatirkan click-an / adjustment riflescope nya tidak cukup (terutama pada jarak dekat). Kekhawatiran ini betul dan memang lebih mungkin terjadi jika anda menggunakan mounting tinggi. Namun sebetulnya solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan mounting / base mount yang ada "CANT" nya / miring ke depan. Dalam bahasa umumnya, carilah mounting yang ada MOA nya.

Saat ini kami menawarkan produk mounting berikut yang memiliki MOA:

- BKL One Piece Mount 24 MOA (BKL-254D7)

- Leupold One Piece AR Flattop IMS 20 MOA

Silahkan tanyakan kepada staff toko Megah Sport untuk mempelajari produk-produk tersebut lebih lanjut. :)

You have successfully subscribed!
This email has been registered