Langsung ke konten

WhatsApp: 0896-5900-3800

Selalu ada yang baru di Megah Sports!

Keranjang
0 item

Informasi

Arti Istilah-istilah pada Senapan Angin: Panduan untuk Bedilers

Arti Istilah-istilah pada Senapan Angin: Panduan untuk Bedilers

Untuk bisa menjadi Bedilers sejati, selain latihan rutin, kalian juga harus memahami istilah-istilah seputar senapan angin. Dari sekian banyak, berikut Megah rangkum istilah seputar senapan angin yang paling umum dan sering muncul dalam praktik sehari-hari:

Istilah Senapan Angin dari A-E

Accuracy - (Akurasi)

Dalam istilah senapan angin, Akurasi diartikan sebagai kemampuan untuk mengenai target sesuai dengan arah bidikan. 

Ammo - (Amunisi)

Ammo (slang dari Ammunition) adalah set material yang digunakan untuk ditembakkan. Pada senapan angin, Ammo yang digunakan disebut pellet atau mimis.

AO (Adjustable Objective)

AO adalah penyesuaian pada teleskop senapan angin untuk mengatur parallax sehingga target atau buruan berada dalam fokus yang tepat. Biasanya pengaturan ini ada di bagian depan teleskop senapan dengan penanda jarak pada tombol pengaturan.

Air Bottle (Botol Angin)

Botol yang berisi udara terkompresi sebagai “bahan bakar” senapan angin. Tersedia dalam berbagai ukuran mulai dari 300cc, 480cc, 500cc, sampai 700cc.

mimis senapan angin

Gambar: Ammo (Mimis Senapan Angin)

Ballistic & Ballistic Coefficient - (Balistik & Koefisiensi Balistik)

Balistik adalah pergerakan proyektil mulai dari peluncuran, laju, dan tumbukan. Sementara Koefisiensi Balistik adalah skala proyektil dalam menentukan apa yang diperlukan untuk menghilangkan hambatan udara sebanyak mungkin.

Barrel - (Laras)

Barrel atau laras adalah bagian pada senapan angin yang menjadi tempat peluncuran atau laju mimis saat ditembakkan. Ada tipe laras Classic dan Polygon. 

Blow Back

Mekanisme dalam senapan yang memungkinkan mimis di-reload secara otomatis tanpa perlu mengokang ulang.

Bore

Bore adalah bagian dalam laras senapan angin

Bullpup

Senapan yang mekanisme kerjanya terletak di belakang pelatuk, bukan di depannya. Sistem ini kemudian menghasilkan senapan yang lebih ringkas dan dapat bermanuver.

Buttstock

Buttstock adalah bagian senapan paling belakang yang disandarkan pada bahu.

senapan angin pcp bullpup

Gambar: Senapan Bullpup

Caliber - (Kaliber)

Ukuran lubang bagian dalam pada laras atau diameter proyektil. Kaliber juga biasa digunakan sebagai satuan ukuran amunisi.

Chamber

Rongga pada senapan yang terletak di belakang laras, tempat di mana amunisi atau mimis dimasukkan ke senapan.

Coated (istilah optics)

Coated atau coat adalah lapisan pada lensa teleskop senapan angin. Multi-coated lense berarti lensa dilapisi dengan lebih dari satu coat.

Cylinder (Silinder)

Pada senapan angin, silinder adalah bagian berporos yang menampung amunisi. Jika berhubungan dengan tabung silinder, maka artinya adalah tempat penampungan udara terkompresi yang menyatu dengan unit.

Diabolo

Salah satu jenis mimis yang memiliki pinggang berbentuk lingkaran dan rok berongga. Nama diabolo diambil dari penamaan Eropa sebagai pengganti kata 'pellet' di sebagian besar pelabelan Eropa.

mimis dome diabolo pellets

Diopter

Dipoter adalah istilah non-formal dari Aperture Sight, kadang juga disebut peep sight. Bagian ini terdiri dari sebuah lubang kecil tempat mata Bedilers melihat bidikan depan dan target. Mata dan otak secara otomatis akan memusatkan bidikan pada aperture.

Dovetail

Salah satu jenis rail pada senapan angin yang memiliki dua cekungan paralel dan lubang untuk memasangkan mounting untuk aksesoris seperti teleskop.

Elevation (Elevasi)

Proses penyesuaian laras senapan jadi lebih tinggi untuk mengimbangi penurunan peluru ketika memotret pada jarak yang lebih jauh.

Exit Pupil

Lingkaran yang dapat dilihat pada optik dengan mata saat mengarahkan optik pada cahaya yang terang.

Eye Relief

Jarak antara mata Bedilers dengan lensa belakang atau eyepiece untuk dapat melihat gambaran yang jelas.

Eyepiece

Bagian belakang teleskop senapan angin yang menahan lensa okuler.

Istilah Senapan Angin dari F-K

FFP

FFP adalah singkatan dari First Focal Plane. Letak reticle dalam sebuah scope, yang memungkinkan reticle berubah saat Bedilers menyesuaikan magnification (perbesaran).

Fiber Optic

Rangkaian benang  tipis yang dipasang pada bidikan depan dan belakang. Memancarkan cahaya sehingga pembidik dapat menembak dengan lebih baik dalam cahaya redup atau di atas pemandangan yang gelap gulita.

Field of View

Luasnya cakupan pandang pada teleskop senapan angin pada 100 yards atau 100 meter. Semakin luas FOV sebuah teleskop, maka semakin mudah juga untuk membidik target.

grouping senapan angin

Gambar: Grouping/Gruping

Istilah Senapan Angin dari L-Q

Land

Land adalah istilah untuk bagian dalam laras senapan angin. Land merupakan permukaan dalam laras yang menonjol. 

Length Of Pull

Jarak dari trigger ke bagian belakang buttplate pada popor.

Magazine

Magazine atau magasin adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan mimis dalam senapan. 

magasin senapan angin

Gambar: Magazine Senapan

Magnification

Magnification atau pembesaran adalah salah satu istilah pada teleskop senapan angin yang satuannya adalah “X”. Jika sebuah teleskop memiliki magnification/pembesaran 24x, maka target yang terlihat jadi 24 kali lebih besar daripada jarak normal mata melihat.

Mil

Mils adalah pengukuran bertahap yang digunakan oleh desain reticle menggunakan titik-titik yang memungkinkan pengaturan elevasi dan windage.

MOA

Singkatan dari Minute Of Angle. MOA adalah satuan pengukuran sudut yang besarnya kira-kira 1,1 pada 100 yard. Istilah ini biasanya digunakan untuk menentukan penyesuaian klik pada teleskop senapan angin.

Multi-pump pneumatic

Senapan angin uklik. Jenis senapan angin yang metode pengisian angin nya di-uklik (dipompa) dengan tangan. Pompa pada multi-pump pneumatic menyatu dengan unit senapan.

Muzzle

Muzzle adalah bagian ujung dari laras senapan angin dimana mimis keluar saat ditembakkan.

O-Ring

O-Ring adalah salah satu parts senapan angin berbentuk lingkaran yang terbuat dari karet sintetis. Fungsinya untuk mengunci udara dalam tabung senapan dengan rapat.

oring senapan angin

OD (Objective Diameter)

OD adalah singkatan dari Objective Diameter. Satuan pengukuran bagian depan teleskop dalam milimeter. Biasanya berkisar antara 30-50 mm.

Parallax

Suatu kondisi yang terjadi apabila bidikan tidak terfokus secara tepat pada bidang reticle. Beberapa teleskop memiliki range focus khusus untuk menyesuaikan paralaks (adjustable objective).

PCP

PCP adalah singkatan dari Precharged Pneumatic. Jenis senapan angin yang pengisian angin nya cukup dilakukan sekali untuk menembakkan banyak mimis. Sekali pengisian, senapan PCP dapat diisi angin sampai 3000 psi menggunakan tabung scuba atau pompa kompresor.

Pellet

Pellet atau Pell adalah amunisi yang digunakan untuk senapan angin. Di Indonesia biasa disebut Mimis. Bentuknya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan peluru senjata api.

Pneumatic

Pneumatic berarti sesuatu yang bekerja dengan adanya tekanan udara. Dalam senapan, pneumatic adalah jenis senapan angin yang memanfaatkan prinsip udara terkompresi yang tersimpan. Dibagi menjadi dua sub-kategori: pneumatic multi-pump dan pneumatic CO2.

senapan angin uklik

Gambar: Multi-pump Pneumatic (Senapan Angin Uklik)

Istilah Senapan Angin dari R-Z

Rangefinder/Rangefinding

Rangefinder adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengukur jarak antara penembak dan target bidikan. Sementara rangefinding adalah kegiatan mengukur jarak bidikan dengan adjustable objective.

Recoil

Pergerakan yang terjadi pada senapan saat amunisi ditembakkan. Biasanya unit sedikit memantul ke belakang saat recoil terjadi. Untuk senapan angin, recoil yang terjadi tidak besar seperti pada senapan api.

Reservoir

Tabung atau botol yang digunakan untuk menampung udara terkompresi pada senapan angin PCP. Biasanya reservoir berada dalam tabung silinder di bawah laras atau dalam botol angin (yang bisa dilepas-pasang).

Reticle

Reticle adalah dua garis yang bersinggungan pada teleskop senapan angin. Fungsinya untuk membidik titik yang tepat pada target.

reticle teleskop senapan angin

Gambar: Reticle Teleskop

Scope (Teleskop)

Scope atau teleskop adalah alat optik yang dipasangkan menggunakan mounting pada senapan angin. Fungsinya untuk meningkatkan akurasi bidikan melalui fitur perbesaran (magnification).

Scuba Tank (Tabung Scuba)

Tabung scuba adalah tabung berisi udara terkompresi yang biasanya digunakan oleh penyelam. Tapi, tabung scuba juga bisa digunakan untuk mengisi angin senapan PCP.

Sidelever

Tuas pengokang yang terletak di sisi samping senapan. Berfungsi untuk membuka loading mimis sekaligus menarik hammer.

sidelever senapan angin

Gambar: Sidelever

Skirt

Skirt atau rok adalah bagian bawah mimis yang mengembang

Slug

Salah satu jenis mimis senapan angin yang bentuknya menyerupai peluru; lurus tanpa skirt atau rok. Memiliki daya hancur yang lebih besar dibanding jenis mimis lainnya.

Smallbore

Jenis kaliber senapan angin yang lebih kecil dari .25. Diantara kaliber yang termasuk small bore adalah kaliber .177, .20, .22, dan .25.

Swivel

Aksesoris yang dipasang pada senapan untuk menambahkan sling atau memasang bipod.

Two-stage Trigger

Pada two-stage trigger, tekanan awal (tahap pertama) menyebabkan pelatuk bergerak perlahan, di mana penembak merasakan adanya hambatan. Tekanan tambahan yang diberikan (tahap kedua) membuat trigger melepaskan tembakan.

trigger senapan angin

Gambar: Trigger Senapan Angin

Underlever

Tuas pengokang yang terletak di bagian bawah laras atau diantara bagian bawah popor.

Velocity

Kecepatan proyektil (mimis) saat dilontarkan ke luar dari laras senapan

Wadcutter

Salah satu jenis mimis, biasa disebut mimis flat. Didesain untuk kegiatan tembak target karena dapat membuat lubang yang lebih bulat dan mudah untuk scoring.

Zero

Zero adalah titik awal jarak tembak, referensi arah lintasan mimis. Jika sebelumnya kalian membidik pada jarak 40 meter, maka zero kalian sekarang adalah 40 meter.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Itu dia penjelasan seputar istilah-istilah pada senapan angin dan aksesorisnya. Kalian bisa mendapatkan segala keperluan berburu di toko senapan terdekat, terlengkap, termurah se-Indonesia. Alamatnya ada di Jl. Jend Ahmad Yani no.142, kota Bandung. Bedilers bisa juga order via online di www.megah.co.id

Terima kasih sudah berlangganan

Rubah opsi
Back In Stock Notification
Syarat & Ketentuan
Syarat & Ketentuan Untuk melakukan pemesanan dan pembelian di website, pengguna harus berusia lebih dari delapan belas (18) tahun. Jika Pengguna berusia di bawah delapan belas (18) tahun, Pengguna dapat melakukan pemesanan hanya dengan persetujuan orangtua atau wali Pengguna yang sah. Dengan membuat akun di website ini, Pengguna sudah menyetujui dan dapat membuktikan bahwa Pengguna telah mendapat persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah sebagai bukti jika dibutuhkan kemudian hari. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala kendala dan masalah yang ada di kemudian hari jika Pengguna tidak dapat membuktikan persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah saat mendaftarkan diri di Website ini. Persyaratan Penjualan 1. Pengguna wajib memberikan data diri secara lengkap dan sebenar-benarnya, serta bertanggung jawab penuh terhadap data diri yang digunakan saat bertransaksi di Website. 2. Pengguna wajib membaca, memahami, serta mengikuti prosedur pemesanan seperti yang tertera di page “Cara Pemesanan”. 3. Toko online kami beroperasi setiap hari Senin - Sabtu dari jam 09:30 s/d 18:00 wib. 4. Kami tidak dapat melakukan pengiriman di Hari Minggu / Hari Libur 5. Mohon cek dahulu ketersediaan barang/spesifikasi detail barang melalui Live Chat yang tersedia di website megah.co.id. 6. Harap konfirmasi stok / warna / ukuran yang anda inginkan terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapat barang yang sesuai dengan spesifikasi anda. 7. Jika tidak ada catatan maupun keterangan apapun pada order, maka kami akan kirimkan barang sesuai dengan inventory yang ada. 8. Untuk pembelian langsung (COD) bisa langsung datang ke toko fisik kami di Jl. Jendral Ahmad Yani No.142, Bandung. Kebijakan Pengembalian Produk Kepada pelanggan yang kami hormati, kami ingin menjelaskan mengenai kebijakan pengembalian produk di toko kami. Barang yang diterima tidak sesuai dengan yang anda pesan. Kami ucapkan maaf terlebih dahulu jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan anda. Mohon segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0898-2700-700. Anda tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim, karena seluruh biaya pengiriman penukaran (pengiriman dari anda ke toko kami + pengiriman kembali dari toko kami ke alamat anda) akan ditanggung oleh pihak kami. Barang / paket rusak selama proses pengiriman Kami akan berusaha untuk selalu mengemas barang pesanan anda dengan sebaik mungkin. Namun, kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman adalah di luar tanggung jawab kami. Jika paket (dan isinya) yang anda terima penyok, rusak, basah, dll maupun hilang selama di perjalanan, mohon memberikan keluhan kepada pihak ekspedisi ybs. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pengiriman menggunakan asuransi, terutama untuk produk bernilai tinggi. Jika terjadi barang rusak selama pengiriman, mohon untuk memberikan keluhan dan mengajukan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ybs. Permasalahan lainnya selama proses pengiriman Paket yang dikembalikan kepada kami oleh pihak ekspedisi dikarenakan saat pengantaran alamat anda tidak ditemukan / rumah kosong, tidak dapat mengajukan pengembalian dana. Barang tersebut hanya dapat dikirim ulang ke alamat yang benar (ongkos pengiriman ulang ditanggung pembeli). Paket mulus, namun barang yang diterima tidak berfungsi sebagaimana mestinya Demi kepuasan pelanggan, kami selalu melakukan QC (Quality Control) dan melakukan cek barang pesanan anda satu per satu. Namun, tidak dipungkiri mungkin ada barang yang terlewat untuk di cek dari ratusan barang yang kami kirim setiap harinya. Jika anda menerima paket dengan kondisi mulus (dus tidak penyok, basah, dll), namun produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami dengan senang hati akan menerima retur / pengembalian dengan syarat: Segera infokan dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah paket diterima. Mohon disertai foto produk yang mengalami gangguan dan video saat membuka paket mulai dari tampilan alamat dan fisik paket sebelum dibuka hingga isi barang tanpa putus. Kami akan bandingkan dengan barang-barang baru yang ada di kami dan jika memang produk tersebut tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka kita akan lanjutkan proses retur / pengembalian. Barang yang akan di retur harus dalam kondisi mulus dan belum dipakai (tidak ada baret, penyok, sobek, dll seperti bekas dipakai). Setelah barang retur kami terima dan kami periksa, kami akan segera mengirimkan barang pengganti. Catatan: Kami tidak dapat menerima penukaran barang maupun retur barang jika kondisi barang mulus & sesuai pesanan. Mohon pastikan anda memilih barang yang tepat dan memberi keterangan yang jelas untuk ukuran / warna yang anda inginkan. Harga & Pembayaran 1. Kami berusaha untuk memastikan harga selalu diperbaharui, namun jika terjadi kesalahan kami berhak membatalkan transaksi dan mengembalikan dana konsumen. 2. Jika deskripsi / spesifikasi produk tidak sesuai dengan barang yg diterima, maka segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Retur mungkin dilakukan jika barang masih mulus (tidak ada cacat dan kerusakan dari konsumen). 3. Kami tidak berkewajiban untuk memenuhi Pemesanan Pengguna jika harga yang tercantum di website ini tidak sesuai (Setelah Pemesanan Pengguna telah diakui atau diterima oleh kami). 4. Bukti pembayaran yang sah adalah yang tercantum di mutasi rekening kami. Kesalahan seperti saldo pembeli sudah terpotong tapi belum ada di mutasi rekening kami, silakan di cek ke pihak Bank terkait. 5. Kami dapat mengembalikan uang dan membatalkan transaksi jika ternyata produk tidak tersedia/habis. 6. Promo yang berlaku pada periode tertentu menjadi batal jika produk tidak tersedia/habis Sebagai contoh : Promo beli 10 gratis 1, ternyata stok hanya ada 8, maka promo tidak berlaku. atau contoh lain beli 5 dapet diskon 20%, dan stok hanya ada 4, maka diskon tidak berlaku walaupun 4 pcs tsb tetap dibeli konsumen. 7. Informasi yang diberikan pada website kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Kami memerlukan KTP anda / pembeli untuk pembelian produk-produk tertentu. Kami berhak untuk menahan pengiriman barang jika KTP belum anda berikan (walaupun transaksi sudah anda bayar). 9. Semua risiko atas produk berpindah ke pembeli setelah produk kami berikan ke pihak ekspedisi. Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang rusak atau hilang di perjalanan, jika barang rusak atau hilang, maka pembeli akan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak ekspedisi. Kami akan membantu pembeli dalam proses klaim kerusakan / kehilangan ke ekspedisi dengan prosedur sbb: Prosedur yang perlu dilakukan oleh konsumen saat menerima paket / kiriman barang Untuk kepentingan bersama, “MOHON REKAM VIDEO SAAT MEMBUKA PAKET MULAI DARI TAMPILAN ALAMAT DAN FISIK PAKET SEBELUM DIBUKA HINGGA ISI BARANG TANPA DIPUTUS” Rekaman ini akan menjadi bukti klaim apabila isi paket kurang / bukti ke ekspedisi bila paket rusak. 10. Kami selalu memastikan barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Kami (penjual) hanya membantu proses klaim dan yang mengganti kerugian adalah pihak EKSPEDISI. Tanpa rekaman video, maka kami TIDAK BISA BANTU KLAIM. Variasi Kami berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna dianggap telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pemesanan dilakukan. Ketika pengguna melakukan pemesanan di website kami, pengguna setuju bahwa pengguna melakukannya secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tunduk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat tanggal pemesanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, serta mentaati syarat dan ketentuan yang terbaru setiap kali pengguna memesan kepada kami.

this is just a warning
Masuk