Merawat Sejarah, Inilah 5 Senjata Pahlawan Kemerdekaan Indonesia

Senjata merupakan alat yang krusial banget di masa-masa peperangan karena bisa ngebantu pahlawan kita buat merebut kemerdekaan. Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, tim Megah bakal share artikel tentang senjata-senjata yang dipake sama pahlawan kemerdekaan Indonesia. Ssstt... gak cuma senapan api lho, penasaran gak? Cek aja langsung artikelnya yuk

  • Bambu Runcing

Siapa sih yang gatau sama bambu runcing? Senjata tradisional asal Indonesia ini pertama kali dikenalin sama seorang ulama asal Parakan, Temanggung yaitu K.H Subchi. Beliau ngeliat kondisi waktu itu gaada senjata dan tercetuslah ide bambu yang di pangkas lalu bagian ujungnya di poles sedemikian rupa jadi runcing, and Le voila! semenjak itu bambu runcing meluas ke se-antero nusantara dan menjadi salah satu pilihan senjata buat perang. Bahkan nih ya, Belanda sampe ngejulukin bambu runcing sebagai silent killer weapon aka senjata pembunuh dalam senyap karena mereka seringkali gatau kalo pahlawan nyerang pake senjata ini

Bambu runcing kemerdekaan indonesia
  • Sumpit

Abis dari pulau Jawa, sekarang kita nyebrang ke pulau Kalimantan yang punya senjata tradisional yaitu Sumpit. Sumpit ini tuh senjata khas dari suku Dayak sob! Bukan sumpit buat makan ya, inget. Sumpit ini terbuat dari bambu atau kayu berbentuk tabung dengan panjang sekitar 1-3 meter. Senjata andalan ini dilengkapi sama anak panah yang disebut damek dan cara penggunaanya juga cukup dengan ditiup aja Sob! Sumpit ini biasa dipake sama suku dayak buat berburu atau bertarung guys! Yang bikin serem dari senjata ini tuh, anak panahnya diolesi pake getah pohon ipuh yang udah terkenal dengan racunnya..... ngeri ya....

Sumpit Dayak Kemerdekaan Indonesia

 

  • Lee Enfield

Setelah senjata tradisional, gak afdol rasanya gak bahas senapan yang dipake sama pahlawan pas masa perang kemerdekaan. Senapan pertama yang dulu pernah dipake adalah Lee Enfield.

Lee Enfield Kemerdekaan Indonesia

Senapan asli Britania Raya ini pernah juga dipake sama pahlawan Indonesia lho Sobat Bedilers! Sama kayak senapan api lainnya, senapan ini berhasil direbut sama pahlawan di beberapa kesempatan dan dipake buat nyerang balik para penjajah.

Senapan yang punya panjang 1.130 mm dahn panjang laras 635mm ini adalah senapan Bolt Action Rifle atau senapan sekali kokang. Senapan ini tuh bisa diisi satu blok magasin dengan 10 peluru kaliber 7.7 mm yang bisa nembak akurat di jarak maks 503 meter atau 2,7 km.

  • Arisaka

Senapan selanjutnya ada Arisaka, yang tidak lain dan tidak bukan adalah senapan asal Jepang. Senapan api ini bertipe Bolt Action Rifle yang di produksi pertama kali di tahun 1897. Senapan ini punya berat 4,19 kg, panjang 127 cm dan pake kaliber 6,5 mm. Senapan ini dibawa Jepang ke Indonesia di masa pendudukan Jepang dan berhasil direbut kemudian digunakan untuk memukul mundur pasukan sekutu yang saat itu menang atas Jepang.

Senapan Kemerdekaan Indonesia

  • Geweer M1895

Yang terakhir ada Geweer M1895 atau Dutch Mannlicher M1895 merupakan senapan Belanda yang dipake di tahun 1895 – 1940 dan banyak digunakan pada saat perang dunia I – II. Senapan ini menjadi senapan wajib tentara Belanda dan dibawa oleh mereka ke Indonesia pada akhirnya.

Senapan yang menggunakan peluru berukuran 6,5 mm ini punya berat 4,35 kg dengan panjang 129 cm dan termasuk ke dalam golongan senapan jenis Bolt Rifle Action.

Pahlawan Indonesia mampu merebut senjata ini dari tangan Belanda waktu itu dari berbagai peperangan atau perampasan diam-diam yang dilakukan.

Senapan Kemerdekaan Indonesia

Itulah lima senjata yang digunakan sama para pahlawan kita buat ngelawan penjajah dan ngerebut kemerdekaan. Kita sebagai warga Indonesia yang baik musti banget belajar dan merawat sejarah supaya bisa lebih menghargai jasa para pahlawan dan biar tetap abadi selama-lamanya.

Selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77, mari bersama-sama menjaga kesatuan NKRI dan berusaha untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat!

Sobat Bedilers cari senapan angin?

Cari aja di www.megah.co.id!

You have successfully subscribed!
This email has been registered