Langsung ke konten

WhatsApp: 0896-5900-3800

Selalu ada yang baru di Megah Sports!

Keranjang
0 item

Informasi

5 Cara Sederhana Meningkatkan Akurasi Tembakan Senapan Angin

5 Cara Sederhana Meningkatkan Akurasi Tembakan Senapan Angin

Senapan angin adalah sebuah alat yang bisa dipakai untuk berburu hama, maupun untuk keperluan hobby dan olahraga seperti tembak target atau perlombaan menembak. Kita pastinya gak bisa secara tiba-tiba langsung mahir dalam menembak. Butuh waktu lama dan konsistensi untuk jadi Bedilers sejati.

Di tengah-tengah proses nya, terutama kalau kalian baru aja mulai menggeluti hobby ini, pasti banyak problem yang terjadi. Salah satu hal yang sering bikin resah adalah hasil tembakan yang gak akurat. Bingung gak sih, kenapa susah banget buat bikin bidikan kalian sesuai dengan aiming awal?

Hal-hal yang Bikin Tembakan Gak Akurat

Well, ada beberapa alasan dasar yang mungkin jadi salah satu penyebab tembakan kalian jadi ngacak, seperti salah pilih amunisi, salah posisi atau teknik nembak nya, unit bermasalah tapi kalian gak sadar, atau pilihan optics yang kurang tepat. Kita bahas dulu satu-satu!

tips meningkatkan akurasi bidikan

Salah Pilih Mimis

Mimis adalah sebutan untuk amunisi yang biasa digunakan pada senapan angin. Bentuk, ukuran, dan jenis-jenis mimis juga beragam. Ada mimis yang bentuknya flat, dome, pointed, slugs, dll. Ada yang ukuran kaliber nya .177, .20, .22, dan .25. Tapi, yang biasa dipakai di Indonesia hanya ukuran .177 (4,5 mm) aja ya, Bedilers. Berat nya juga bermacam-macam, ada yang 10 gr, 16 gr, 20 gr, dsb.

Nah sekarang, misalnya kalian punya senapan angin berpower kecil, tapi ingin pakai mimis berbobot berat. Apakah tembakan akan akurat? Tentu tidak dong! Sebab, senapan dengan power kecil tidak mampu melontarkan mimis yang berat dengan stabil menuju target. Sebaliknya, kalau punya senapan ber-power besar, tapi pakai mimis ringan, hasilnya juga gak akan akurat. Selain urusan power dan berat mimis, bentuk & diameter mimis serta alur laras juga akan mempengaruhi kecocokan mimis dan senapan. Jadi kalian harus coba satu-satu mimis apa yang cocok untuk senapan kalian.

Masalah pada Unit

Buat Bedilers yang baru aja terjun ke dunia senapan angin, mungkin belum bisa merasakan saat senapan bermasalah. Gak selalu masalah besar seperti trigger macet atau angin bocor. Saat tembakan ngacak pun, mungkin bisa jadi salah satu indikasi kalau senapan kalian lagi gak baik-baik aja. Sehingga perlu ditelusuri dari mana sumber permasalahannya. Kalau kalian tidak fasih memperbaiki sendiri, kalian bisa pergi ke tempat service senapan yang terpercaya ya.

Teleskop / Mounting kurang Berkualitas

Selain itu, ketidakakuratan tembakan juga bisa disebabkan oleh pemilihan optics yang dipakai. Teleskop yang berkualitas buruk kemungkinan punya mekanisme di bagian dalam yang kurang baik sehingga turret bisa bergeser-geser, alhasil tembakan menjadi tidak akurat. Selain itu, mounting yang kurang bagus atau pemasangan nya kurang benar pun bisa jadi akar masalah kenapa tembakan kalian jadi gak akurat.

Tips Sederhana untuk Meningkatkan Akurasi Tembakan

Nah, untuk mengatasi hal-hal di atas, ada beberapa cara yang cukup mudah buat meningkatkan kembali akurasi bidikan. Simak tipsnya berikut ini:

cara agar tembakan akurat

Pasangkan Teleskop dengan Benar

Cara pertama yang bisa kalian lakukan kalau mau mendapatkan bidikan akurat adalah membetulkan posisi teleskop. Saat akan memasangkan teleskop ke senapan dengan mounting, pastikan dulu eye relief sudah sesuai dengan mata sebelum mengencangkan mounting. Selain itu, pastikan juga teleskop sudah terpasang lurus menggunakan Bubble Level atau Waterpass. Lalu lakukan zeroing dengan benar.

Rutin Membersihkan Laras

Jika senapan angin kalian sering atau sudah  lama digunakan, akan ada residu yang tertinggal di bagian dalam laras. Meskipun ukurannya sangat kecil, tapi kalau dibiarkan akan menumpuk dan membuat laju mimis tidak semulus saat awal kalian membeli unit. Sooo.. jangan lupa buat membersihkan laras senapan secara rutin, ya. Bedilers bisa menggunakan sikat laras, patchworm, boresnake, dsb. Produk-produk ini available di website Megah.

Pilih Mimis yang Sesuai

Di atas sudah disebutkan, kalau salah satu faktor yang bisa bikin tembakan jadi ngaco adalah salah memilih mimis. Nah, buat menghinda

ri kesalahan itu, pastikan Bedilers memilih amunisi atau mimis yang sesuai dengan spek dari senapan angin yang kalian miliki. Kalau mau pakai slugs, pastikan unit kalian punya power yang besar dan laras yang digunakan cocok untuk menembakkan slugs.

Pilih juga bentuk mimis sesuai maksud atau tujuan kalian menembak. Misalnya, kalau mau tembak kertas target/ikut lomba nembak, gunakan mimis Flat / Wadcutter untuk mendapatkan score maksimal. Sementara jika mau berburu hama, bisa menggunakan mimis slugs atau pointed.

Cek FPS Senapan

Hal lain yang mungkin membuat akurasi gak sesuai harapan adalah FPS senapan yang berubah. Gimana cara cek nya? Kalian bisa menggunakan Chronograph atau Prochrono untuk mengukur kecepatan mimis yang kalian tembakan. Kalau FPS yang didapat jauh berbeda (lebih rendah) dari FPS. saat kalian setting awal, mungkin udah saatnya buat tuning ulang senapan kalian.

mimis untuk senapan angin

Butuh Insight Seputar Senapan Angin?

Buat Bedilers yang mau tau banyak tips atau bahasan lain seputar senapan angin, teleskop, dan keperluan menembak lainnya, bisa banget mampir ke YouTube Megah SportsAda banyak topik menarik yang dibahas di sana. Mulai dari tips sampai tes akurasi. Kalian juga bisa datang langsung ke toko Megah di Jl. Ahmad Yani no.142 Bandung. Jauh? Boleh kunjungi kami di website remsi Megah atau hubungi admin Megah via WhatsApp.

Terima kasih sudah berlangganan

Rubah opsi
Back In Stock Notification
Syarat & Ketentuan
Syarat & Ketentuan Untuk melakukan pemesanan dan pembelian di website, pengguna harus berusia lebih dari delapan belas (18) tahun. Jika Pengguna berusia di bawah delapan belas (18) tahun, Pengguna dapat melakukan pemesanan hanya dengan persetujuan orangtua atau wali Pengguna yang sah. Dengan membuat akun di website ini, Pengguna sudah menyetujui dan dapat membuktikan bahwa Pengguna telah mendapat persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah sebagai bukti jika dibutuhkan kemudian hari. Kami tidak bertanggung jawab untuk segala kendala dan masalah yang ada di kemudian hari jika Pengguna tidak dapat membuktikan persetujuan dari orangtua atau wali Pengguna yang sah saat mendaftarkan diri di Website ini. Persyaratan Penjualan 1. Pengguna wajib memberikan data diri secara lengkap dan sebenar-benarnya, serta bertanggung jawab penuh terhadap data diri yang digunakan saat bertransaksi di Website. 2. Pengguna wajib membaca, memahami, serta mengikuti prosedur pemesanan seperti yang tertera di page “Cara Pemesanan”. 3. Toko online kami beroperasi setiap hari Senin - Sabtu dari jam 09:30 s/d 18:00 wib. 4. Kami tidak dapat melakukan pengiriman di Hari Minggu / Hari Libur 5. Mohon cek dahulu ketersediaan barang/spesifikasi detail barang melalui Live Chat yang tersedia di website megah.co.id. 6. Harap konfirmasi stok / warna / ukuran yang anda inginkan terlebih dahulu untuk memastikan anda mendapat barang yang sesuai dengan spesifikasi anda. 7. Jika tidak ada catatan maupun keterangan apapun pada order, maka kami akan kirimkan barang sesuai dengan inventory yang ada. 8. Untuk pembelian langsung (COD) bisa langsung datang ke toko fisik kami di Jl. Jendral Ahmad Yani No.142, Bandung. Kebijakan Pengembalian Produk Kepada pelanggan yang kami hormati, kami ingin menjelaskan mengenai kebijakan pengembalian produk di toko kami. Barang yang diterima tidak sesuai dengan yang anda pesan. Kami ucapkan maaf terlebih dahulu jika barang yang anda terima tidak sesuai dengan pesanan anda. Mohon segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0898-2700-700. Anda tidak perlu khawatir mengenai ongkos kirim, karena seluruh biaya pengiriman penukaran (pengiriman dari anda ke toko kami + pengiriman kembali dari toko kami ke alamat anda) akan ditanggung oleh pihak kami. Barang / paket rusak selama proses pengiriman Kami akan berusaha untuk selalu mengemas barang pesanan anda dengan sebaik mungkin. Namun, kerusakan yang terjadi pada saat pengiriman adalah di luar tanggung jawab kami. Jika paket (dan isinya) yang anda terima penyok, rusak, basah, dll maupun hilang selama di perjalanan, mohon memberikan keluhan kepada pihak ekspedisi ybs. Kami sangat menyarankan untuk melakukan pengiriman menggunakan asuransi, terutama untuk produk bernilai tinggi. Jika terjadi barang rusak selama pengiriman, mohon untuk memberikan keluhan dan mengajukan klaim asuransi ke pihak ekspedisi ybs. Permasalahan lainnya selama proses pengiriman Paket yang dikembalikan kepada kami oleh pihak ekspedisi dikarenakan saat pengantaran alamat anda tidak ditemukan / rumah kosong, tidak dapat mengajukan pengembalian dana. Barang tersebut hanya dapat dikirim ulang ke alamat yang benar (ongkos pengiriman ulang ditanggung pembeli). Paket mulus, namun barang yang diterima tidak berfungsi sebagaimana mestinya Demi kepuasan pelanggan, kami selalu melakukan QC (Quality Control) dan melakukan cek barang pesanan anda satu per satu. Namun, tidak dipungkiri mungkin ada barang yang terlewat untuk di cek dari ratusan barang yang kami kirim setiap harinya. Jika anda menerima paket dengan kondisi mulus (dus tidak penyok, basah, dll), namun produk tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami dengan senang hati akan menerima retur / pengembalian dengan syarat: Segera infokan dalam waktu maksimal 2x24 jam setelah paket diterima. Mohon disertai foto produk yang mengalami gangguan dan video saat membuka paket mulai dari tampilan alamat dan fisik paket sebelum dibuka hingga isi barang tanpa putus. Kami akan bandingkan dengan barang-barang baru yang ada di kami dan jika memang produk tersebut tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya, maka kita akan lanjutkan proses retur / pengembalian. Barang yang akan di retur harus dalam kondisi mulus dan belum dipakai (tidak ada baret, penyok, sobek, dll seperti bekas dipakai). Setelah barang retur kami terima dan kami periksa, kami akan segera mengirimkan barang pengganti. Catatan: Kami tidak dapat menerima penukaran barang maupun retur barang jika kondisi barang mulus & sesuai pesanan. Mohon pastikan anda memilih barang yang tepat dan memberi keterangan yang jelas untuk ukuran / warna yang anda inginkan. Harga & Pembayaran 1. Kami berusaha untuk memastikan harga selalu diperbaharui, namun jika terjadi kesalahan kami berhak membatalkan transaksi dan mengembalikan dana konsumen. 2. Jika deskripsi / spesifikasi produk tidak sesuai dengan barang yg diterima, maka segera hubungi kami melalui Live Chat di website megah.co.id maupun melalui WhatsApp ke nomor 0821-2151-1010. Retur mungkin dilakukan jika barang masih mulus (tidak ada cacat dan kerusakan dari konsumen). 3. Kami tidak berkewajiban untuk memenuhi Pemesanan Pengguna jika harga yang tercantum di website ini tidak sesuai (Setelah Pemesanan Pengguna telah diakui atau diterima oleh kami). 4. Bukti pembayaran yang sah adalah yang tercantum di mutasi rekening kami. Kesalahan seperti saldo pembeli sudah terpotong tapi belum ada di mutasi rekening kami, silakan di cek ke pihak Bank terkait. 5. Kami dapat mengembalikan uang dan membatalkan transaksi jika ternyata produk tidak tersedia/habis. 6. Promo yang berlaku pada periode tertentu menjadi batal jika produk tidak tersedia/habis Sebagai contoh : Promo beli 10 gratis 1, ternyata stok hanya ada 8, maka promo tidak berlaku. atau contoh lain beli 5 dapet diskon 20%, dan stok hanya ada 4, maka diskon tidak berlaku walaupun 4 pcs tsb tetap dibeli konsumen. 7. Informasi yang diberikan pada website kami dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. 8. Kami memerlukan KTP anda / pembeli untuk pembelian produk-produk tertentu. Kami berhak untuk menahan pengiriman barang jika KTP belum anda berikan (walaupun transaksi sudah anda bayar). 9. Semua risiko atas produk berpindah ke pembeli setelah produk kami berikan ke pihak ekspedisi. Kami tidak bertanggung jawab atas barang yang rusak atau hilang di perjalanan, jika barang rusak atau hilang, maka pembeli akan menyelesaikan masalah tersebut dengan pihak ekspedisi. Kami akan membantu pembeli dalam proses klaim kerusakan / kehilangan ke ekspedisi dengan prosedur sbb: Prosedur yang perlu dilakukan oleh konsumen saat menerima paket / kiriman barang Untuk kepentingan bersama, “MOHON REKAM VIDEO SAAT MEMBUKA PAKET MULAI DARI TAMPILAN ALAMAT DAN FISIK PAKET SEBELUM DIBUKA HINGGA ISI BARANG TANPA DIPUTUS” Rekaman ini akan menjadi bukti klaim apabila isi paket kurang / bukti ke ekspedisi bila paket rusak. 10. Kami selalu memastikan barang dalam kondisi baik sebelum dikirim. Kami (penjual) hanya membantu proses klaim dan yang mengganti kerugian adalah pihak EKSPEDISI. Tanpa rekaman video, maka kami TIDAK BISA BANTU KLAIM. Variasi Kami berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan ini setiap waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna. Pengguna dianggap telah menyetujui seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat pemesanan dilakukan. Ketika pengguna melakukan pemesanan di website kami, pengguna setuju bahwa pengguna melakukannya secara sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun, serta tunduk kepada syarat dan ketentuan yang berlaku pada saat tanggal pemesanan. Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, serta mentaati syarat dan ketentuan yang terbaru setiap kali pengguna memesan kepada kami.

this is just a warning
Masuk